Deplu Malaysia Janji Selesaikan Konflik Ambalat

Share:
JAKARTA - Pertemuan Komisi I DPR dengan pihak Malaysia terkait konflik Indonesia-Malaysia mengenai blok Ambalat, menghasilkan dua poin penting.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua Komisi I DPR Yusron Ihza Mahendra, Kamis (11/6/2009).

"Dua hal pokok yang dicapai, pertama Deplu Malaysia mengatakan akan mempercepat penyelesaian konflik Ambalat," ungkapnya.

Kemudian poin kedua, lanjut Yusron, tentara laut Malaysia berjanji akan menjauhkan diri dari kapal laut TNI Angkatan Laut. "Hal ini untuk menghindari class fisik antara keduanya," ujar Yusron.

Saat ditanya mengenai bentuk penyelesaian yang dijanjikan Malaysia, Yusron mengatakan hal ini bukan wewenangnya melainkan wewenang Departemen Luar Negeri.

"Itu wewenang Deplu Malaysia dan Deplu Indonesia. Nanti kami hanya menyampaikan pada Deplu kita dan akan ada penyelesaian dari mereka," tuturnya.

Seperti diketahui, perwakilan dari Komisi I DPR telah bertemu dengan pihak Malaysia kemarin. Sebagai ketua rombongan dari Komisi I Yusron menyatakan dengan tegas kedatangannya bukan untuk berunding tapi menyatakan sikap politik DPR bahwa kawasan laut Ambalat adalah milik Indonesia.

Take from : http://news.okezone.com