Malaysia Minta Pers Indonesia Berhenti Kaitkan Manohara-Ambalat

Share:
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi meminta pers Indonesia menghentikan menghubung-hubungkan persengketaan Ambalat dengan kasus Manohara.

Kepada Harian The Star, di Kuala Lumpur, Sabtu, Ahmad Zahid Hamidi mengatakan, kedua isu ini tak ada kaitannya dan seharusnya ditempatkan pada tempatnya sehingga tidak merusak citra pemerintah Malaysia.

Zahid berharap pers Indonesia menghentikan apa yang disebutnya "manipulasi berita" sehingga menimbulkan demontrasi di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Beberapa media telah mengaitkan isu Ambalat dengan Manohara untuk membuat ketegangan rakyatnya, kata Menhan Malaysia.

Ia berharap pers Indonesia menahan diri untuk mensensasionalkan kedua isu yang sebenarnya dapat diselesaikan dengan cara baik-baik.

Ahmad Zahid meyakini pembicaraan antar kedua pemimpin kedua negara dalam waktu dekat akan menyelesaikan masalah ini dan memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Dia menyatakan, Panglima ATM (Angkatan Tentera Malaysia) Abdul Aziz Zainal yang belum lama ini bertemu dengan Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono mengenai isu Ambalat diharapkan memberikan laporannya setelah kembali dari Jakarta.

Menhan Malaysia berharap kedua pihak dapat menetapkan panduan terhadap patroli yang akan dilakukan dan disepakati kedua negara sehingga bisa menghindari konflik diantara kedua angkatan laut dua negara.