Tentara Pakistan Tewaskan 40 Militan di Daerah Pakistan Barat Laut

Share:

Para pejabat Pakistan mengatakan pasukan keamanan dan milisi anti-Taliban telah menewaskan 40 tersangka militant dalam pertempuran sejak Sabtu di wilayah kesukuan dan di tempat-tempat lain di barat laut negara itu.

Pihak berwenang mengatakan pesawat-pesawat tempur dan artileri menggempur tempat persembunyian Taliban di wilayah kesukuan Bajaur, menewaskan 27 militan.

Para pejabat mengatakan jet-jet tempur Pakistan juga menewaskan enam militant di wilayah kesukuan Waziristan selatan yang merupakan kubu pemimpin Taliban Pakistan Baitullah Mehsud. Mereka mengatakan tentara Pakistan berusaha membersihkan sebuah jalan utama di wilayah itu yang diblokir Taliban.

Di tempat lain, pihak berwenang mengatakan milisi setempat menewaskan tujuh pemberontak Taliban dalam pertempuran Sabtu malam di wilayah Dir Atas, Provinsi Daerah Perbatasan Barat Laut Pakistan.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari hari Senin mengatakan dia percaya bangsanya "mendukung sepenuhnya" perang yang dilancarkan pemerintah terhadap militant di wilayah-wilayah kesukuan barat laut negara itu.

Militan Taliban telah berhasil memperoleh pengaruh di wilayah-wilayah kesukuan Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan dalam tahun-tahun belakangan.