Menbudpar: Imbas Bom, Satu Juta Wisatawan Kabur

Share:
JAKARTA - Ledakan bom di JW Marriott dan Ritz Carlton, Jakarta sungguh dahsyat. Tidak hanya bangunan hotel bertaraf internasional itu yang ambruk. Ratusan ribu turis pun kabur dari Indonesia karena merasa ketakutan.

Mereka lebih memilih mengakhiri masa liburannya lebih cepat atau mengalihkannya ke tempat wisata di negara lain.

"Dunia pariwisata ngedrop setelah bom Kuningan. Jumlah kunjungan turun sekitar satu juta. Dari 6,5 juta menjadi 5,5 juta wisatawan saja," terang Menbudpar Jero Wacik di Jakarta Media Center Belagio Mall, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan Sabtu (18/7/2009) malam.

Keadaan ini tentu membuat pria asal Pulau Dewata tersebut risau. Namun dia berjanji akan mengambil langkah-langkah taktis guna mengembalikan kepercayaan para wisatawan manca negara. "Kita akan menerapkan protap seperti saat musibah Bom Bali II," ujarnya.

Langkah lain, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dalam waktu dekat akan menggelar turnamen golf internasional di Pantai Muara Kapuk, Jakarta Utara. Harapannya para pencinta golf manca negara akan hadir dan menunjukkan kepada para wisatawan manca negara bahwa Indonesia masih aman.

"Kita juga akan mengajak para jurnalis dari dalam dan luar negeri untuk melakukan safari wisata ke sejumlah objek wisata di beberapa wilayah di Indonesia," pungkasnya.

take from: http://news.okezone.com