Polisi Probolinggo Tangkap "Mertua" Noordin M Top

Share:
Jakarta, (tvOne)

Pasca insiden dua bom bunuh diri di Hotel Marriott dan Hotel Ritz Carlton pada Jumat 17 Juli 2009, polisi makin gencar melakukan perburuan anggota jaringan teroris Noordin M Top. Kepolisian Resor Kota Probolinggo, Jawa Timur, Ahad 26 Juli kemarin malam menangkap seseorang yang diduga mirip dengan Bahrudin latif alias Baridin, mertua Noordin M Top.

Orang tersebut langsung dibawa ke Kepolisian Resor Probolinggo. Namun, saat diperiksa pria tersebut mengaku bernama Setyo Raharjo, warga Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Namun, pria paro baya itu tak bisa membuktikan pengakuannya. Sebab, saat ditangkap dia tidak membawa kartu identitas.

Menurut Inspektur Dua Andana Zumi, Setyo ditangkap karena mirip dengan wajah Baridin. "Kecurigaan bertambah kuat karena dia tak membawa kartu identitas," kata dia, seperti dilansir dari VIVAnews.com, Senin (27/7/2009).

Setyo ditangkap saat berada di kawasan Kademangan, Probolinggo. Saat dimintai kartu identitas, Setyo mengaku kartu identitasnya hilang. "Dia mengatakan akan ke Bali untuk mengantar barang," tambah Andana.

Namun, anehnya, truk yang dikendarainya ditinggal di wilayah Situbondo, Jawa Timur. Sampai saat ini, Setyo masih diperiksa aparat kepolisian. Dia tetap akan ditahan sampai ada kejelasan identitasnya.

Sementara keberadaan Baridin hingga kini masih misterius. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muaddib Desa Pesuruhan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap itu belum diketahui, meski secara selintas Kepala Kepolisian Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan polisi sudah menangkap salah satu mertua dari buron polisi.

"Terakhir 12 Juni 2009 kita berhasil menangkap Z [Saefudin Zuhri) yang kemudian dari situ kita tangkap BRD [Bahrudin Latif], mertua salah satu buronan kita [Noodin M Top]," kata Kapolri di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Jumat 24 Juli lalu.

Baridin adalah ayah dari Ariani Rahma alias Arina, yang diduga istri ketiga Noordin M Top. Arina dinikahi secara siri pada 2006, dua anak, Haula (2,5) dan Daud (1) lahir dari perkawinan mereka.