Seorang WNI Tewas di Malaysia Akibat Pengaruh H1N1

Share:
Seorang mahasiswa berwarga negara Indonesia di negeri jiran Malaysia berusia 30 tahun meninggal, diduga terkait dugaan flu A H1N1.

Meski tewasnya mahasiswa WNI tersebut bukan murni akibat flu A, berdasarkan investigasi awal pihak Malaysia, WNI yang namanya masih dirahasiakan tersebut tewas akibat penyakit jantung (cardiac arrest).

Menteri Kesehatan Malaysia seperti dilansir situs The Star pada 23 Juli 2009 mengatakan, mahasiswa WNI yang baru menginjak smester pertama di International Centre for Education itu tercatat memiliki riwayat medis H1N1.

"Tapi Influenza A (H1N1) bukan penyebab utama kematian mahasiswa WNI yang mengambil jurusan studi keuangan Islam itu," kata Menkes Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai. Mahasiswa tersebut, lanjutnya, baru saja pulang dari Indonesia dan kembali ke Malaysia pada 5 Juli lalu, dan dikabarkan mengalami demam dan batuk.

Pada 21 Juli, kondisi mahasiswa WNI tersebut melemah, dan akhirnya berobat ke
sebuah rumah sakit di Kampung Baru, Kuala Lumpur. Kondisi yang terus melemah membuatnya semakin parah dan akhirnya tak tertolong lagi.

Pihak rumah sakit mencatat kematian mahasiswa WNI tersebut pada 11:50am dan disimpulkan akibat gangguan detak jantung. “Setelah dilakukan tes lanjutan di rumah sakit besar di Kuala Lumpur pada hari itu juga, ternyata dia meninggal akibat komplikasi kegemukan, pneumonia, pembesaran hati dan jantung serta gangguan di tenggorokannya," kata Liow Tiong.