Perkembangan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE)

Share:
Artikel ini hanya menjelaskan mengenai beberapa tahapan dalam Perkembangan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE) atau Electronic Health Record (EHR)

Menurut WHO (World Health Organization) Rekam Kesehatan Elektronik memiliki beberapa istilah yang dipergunakan untuk menggambarkan perkembangannya, beberapa istilah yang lebih dikenal termasuk : Automated Health Records (AHR), Electronic Medical Record (EMR), Computer Patient Record (CPR) berbasis komputer, dan Electronic Health Record (EHR).

Gambar : givingcompass.org

Adapun istilah-istilah perkembangan rekam kesehatan elektronik diatas, dapat dijelaskan sebagai berikut :

Automated Health Record (AHR).

Istilah Catatan Kesehatan Otomatis telah digunakan untuk menggambarkan kumpulan gambar yang disimpan komputer dari dokumen catatan kesehatan tradisional. Biasanya, dokumen dokumen ini dipindai ke komputer dan gambar disimpan pada disk optic

Sebagian besar pada awal 1990-an fokus pada pemindaian dokumen ke disk optik

Membahas masalah akses, ruang, dan kontrol yang terkait dengan catatan berbasis kertas tetapi tidak menangani input / output data pada tingkat perawatan pasien.

Electronic Medical Record (EMR).

Istilah Rekam Medis Elektronik atau EMR, hampir sama dengan AHR (Automated Health Record), yang telah digunakan untuk menggambarkan sistem otomatis berdasarkan pencitraan dokumen atau sistem yang telah dikembangkan dalam praktik medis atau pusat kesehatan masyarakat. Hal ini telah digunakan secara luas oleh dokter umum di banyak negara maju dan termasuk rincian identifikasi pasien, obat-obatan dan resep, hasil laboratorium dan dalam beberapa kasus semua informasi kesehatan dicatat oleh dokter setiap kali pasien melakukan kunjungan. 

Computer-based Patient Record (CPR)

Di AS, istilah Catatan Pasien Berbasis Komputer (CPR) diperkenalkan pada 1990-an. Ini didefinisikan sebagai kumpulan informasi kesehatan untuk satu pasien yang dihubungkan oleh pengidentifikasi pasien. CPR dapat mencakup sedikitnya satu episode perawatan untuk pasien atau informasi perawatan kesehatan selama periode waktu yang lama.

CPR awal berfokus pada fungsi-fungsi seperti peringatan medis, pesanan obat-obatan, menyediakan data terintegrasi tentang pendaftaran, penerimaan, dan perincian keuangan pasien, dan mencatat informasi dari perawat, laboratorium, radiologi, dan farmasi. Meskipun bentuk rekam medis berbasis komputer ini diimplementasikan dalam berbagai pengaturan, fokus pada pertukaran informasi kesehatan terbatas pada fasilitas rawat inap.

Electronic Health Record (EHR)

Istilah Rekam Kesehatan Elektronik banyak digunakan di banyak negara dengan variasi dalam definisi dan luasnya cakupan. Dalam lingkungan saat ini, ini umumnya diterima sebagai catatan kesehatan longitudinal dengan entri oleh praktisi kesehatan di beberapa lokasi di mana perawatan diberikan. 

Lebih sederhana lagi, jenis catatan kesehatan elektronik ini dapat didefinisikan sebagai:

a.    Catatan Kesehatan Elektronik berisi semua informasi kesehatan pribadi milik seseorang.
b.    Dapat diakses secara elektronik oleh penyedia layanan kesehatan selama masa hidup seseorang,
c.    Memiliki ruang lingkup yang luas baik rawat inap, rawat jalan di mana pasien menerima perawatan.


Contoh implementasi dari tiap tahap perkembangan diatas dapat anda konsultasikan kepada senior, pembimbing, atau dosen anda, agar lebih paham.


Disclaimer :

  1. Penjelasan diatas masuk kedalam kategori definisi,
  2. Definisi diatas hasil terjemahan dari manual book WHO
  3. Kami tidak menjamin ketepatan dari hasil terjemahan, sehingga kami tidak bertanggung jawab jika anda menggunakannya sebagai referensi.
Sumber :
  1. World Health Organization (2006), Electronic Health Records A Manual for Developing Countries, Regional Office for the Western Pacifc, Manila, Philippines.
  2. Giving Compass, Universal Electronic Health Records Might Be Key to Healthcare Trust. Diakses tanggal 30 November 2019 jam 09.51 dari situs  https://givingcompass.org/ [2019, November 30 jam 09.51]
  3. Translate : ozlombok