Seorang Military Observer (MILOBS) Indonesia Gugur!

Share:
Perhatian kita, para staff United Nations, terutama yang tengah bertugas di misi pemulihan perdamaian, tersita dan teruju pada sebuah berita akan jatuhnya sebuah helikopter UN di Misi Pengamatan Perdamaian di Nepal (UNMIN).

Pihak United Nations – Department of Peacekeeping & Operations, dalam pengumuman berita broadcast Intranetnya tanggal 3 Maret 2008 dikutip sbb:

UPDATE: UNMIN is able to confirm that the helicopter which crashed in Ramechhap district late this afternoon was carrying seven UN personnel and three crew members. UNMIN is not in a position at this time to provide any further information, but will provide regular updates as confirmed information is available.

At about 4pm today, Nepal time, UNMIN lost contact with a Mission helicopter which was returning to Kathmandu from the Maoist cantonment site at Sindhuli in the east of the country. UNMIN has had contact with local authorities at Ramechhap district, who advise that a helicopter has crashed in the vicinity of the Bethan village, that the helicopter has been located and that there are fatalities. UNMIN has sent a party by road to the site of the reported crash to confirm information.

Dari berita yang berkembang, dan merujuk manifest penumpang yang tercatat oleh UNMIN Movement Control, mengindikasikan bahwa seorang Military Observer/Arms Monitor asal Indonesia (TNI) dengan badge ID: MIL: 0178 adalah salah satu dari 7 penumpang dan 3 kru yang menjadi korban kecelakaan ini Helicopter UNO-301, Registration RA 27019 yang dioperasikan oleh perusahaan penerbangan Vertical T.

Atas nama kawan sejawat Indonesian Peacekeepers dan rekan Military Observer TNI – KONGA XXI-5 di UNMIL, Liberia – Afrika Barat, kami turut berduka cita sedalam-dalamnya atas gugurnya Let.Kol (Laut) Doddy Sondang Irawan yang sedang bertugas di UNMIN – Nepal. Helikopter dengan penerbangan UNO-301 yang ditumpanginya bersama penumpang dan kru lainnya mengalami kecelakaan jatuh.

Meski belum menjadi berita yang dapat dikonfirmasikan, sampai saat ini tim SAR belum dapat mengevakuasi para korban dari lokasi jatuh dikarenakan cuaca yang buruk (Info internal dari Air Transport UN, DPKO-NY ).

Semoga Gusti Alloh, senantiasa menguatkan keluarga yang ditinggalkan. Bela sungkawa sedalam-dalamnya kami haturkan

Ucapan belasungkawa bisa dibubuhkan secara online pada situs web bersama Indonesian Peacekeepers, kami mengucapkan banyak terima kasih atas ucapan belasungkawa para pembaca, dan semua keluarga yang ditinggalkannya diberi kekuatan oleh Allah SWT. Amin.

Take from : http://www.rileks.com/community