Sel Punca, Perbesar Payudara dengan Alami

Share:
Sebagian wanita menginginkan payudaranya tampak besar dan montok. Operasi bedah plastik pun akhirnya ditempuh. Silikon padat bakal jadi bantalan lambang kesuburan wanita ini.

Meski berasal dari luar tubuh, silikon padat masih tergolong aman bagi tubuh. Namun, masih ada yang lebih aman dari silikon, yang sekarang ini ditemukan pada dokter, yakni dengan menginjeksikan lemak si wanita itu sendiri dan menggunakan sel punca.

Para ilmuwan mengklaim bahwa prosedur ini dapat meningkatkan ukuran payudara dengan lebih baik, bahkan lebih aman dibanding implan payudara. Para ilmuwan bahkan yakin bila sel-sel punca itu diambil dari perut pasien akan membantu memperindah bagian ini juga.

Prof Kefah Mokbel, penanggung jawab proyek pada London Breast Institute di Princess Grace Hospital, akan menangani sekurangnya 10 pasien pada bulan Mei nanti. Diperkirakan prosedur yang mesti dijalankan hingga enam bulan ini butuh biaya 6.500 poundsterling (kurang lebih Rp 108 juta).

Hingga kini, para ahli bedah masih mengalami sedikit kesulitan menjaga suplai darah lemak yang ditransplan ke payudara. Namun, Prof. Mokbel mengatakan, "Ini merupakan kemajuan yang luar biasa."

Katanya, payudara yang dibuat dari sel punca lebih alami karena jaringannya sama-sama lunak. "Kami optimistis dapat dengan mudah memperbesar ukuran payudara dengan indah, baik, dan aman."

Mokbel menyatakan, timnya tidak menjanjikan yang lebih dari itu (soal pembesaran), tapi akan mencobanya. Katanya, prosedur ini sekarang sedang diterapkan untuk mereka yang menderita kanker payudara.

Meski penggunaan sel punca pada wanita untuk bedah kosmetik masih kontroversial, Mokbel yakin bahwa prosedur ini aman setelah 30 kali prosedur dijalannya. Katanya, di Jepang teknik ini sudah diterapkan sejak enam tahun lalu tanpa keluhan apa pun.

Kata Mokbel, sekali prosedur ini dicobakan untuk memperbaiki payudara penderita kanker, teknik ini juga bisa digunakan untuk tujuan lain, yakni memperbesar ukuran payudara.