Demokrat memanggil Mulvaney Bolton untuk memberikan kesaksian dalam sidang Senat impeachment Trump

Share:
Dikutip dari abcnews.go.com,  Partai Demokrat menguraikan rencana mereka untuk persidangan impeachment Senat terhadap Presiden Donald Trump, yang akan datang pada bulan Januari.

Dalam sepucuk surat kepada Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell, Minggu malam, Chuck Schumer, pemimpin minoritas, menguraikan tawaran pembukaan Partai Demokrat untuk sidang impeachment Senat terhadap Presiden Donald Trump, merinci apa yang ia sebut "proses bipartisan yang adil" di Senat.

Partai Demokrat meminta untuk mendengar dari empat saksi - akting kepala staf Gedung Putih Mick Mulvaney, mantan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, Associate Director untuk Keamanan Nasional di Kantor Manajemen dan Anggaran Michael Duffey dan penasihat senior untuk penjabat kepala Gedung Putih dari staf, Robert Blair - semuanya menolak untuk berpartisipasi dalam penyelidikan DPR.

Demokrat, Schumer mengatakan dalam surat itu, terbuka untuk saksi tambahan dengan pengetahuan langsung tentang tuduhan Trump menahan dana dari Ukraina dalam upaya untuk membuat negara itu menyelidiki mantan Wakil Presiden Joe Biden dan putranya, Hunter, yang bertugas di dewan Ukraina perusahaan gas Burisma.

"Pengadilan itu haruslah pengadilan yang tidak hanya mendengarkan semua bukti dan mengadili kasus itu secara adil; pengadilan juga harus lulus uji kewajaran dengan rakyat Amerika," tulis Schumer dalam suratnya kepada McConnell. "Itu adalah tantangan besar bagi Senat dalam beberapa minggu mendatang."

Adapun timeline, Demokrat mengusulkan langkah-langkah rumah tangga praperadilan diadopsi pada 6 Januari, diikuti oleh pengambilan sumpah dari kepala hakim dan senator pada 7 Januari. Manajer rumah akan membuat presentasi mereka pada 9 Januari, untuk tidak lebih dari 24 jam, diikuti oleh penasihat presiden, tidak lebih dari 24 jam.

Tentu saja, DPR belum secara formal memberikan suara terhadap pasal-pasal pemakzulan. DPR yang dikuasai Demokrat diharapkan menyetujui pasal-pasal itu.

Pada hari Jumat, Komite Kehakiman Dewan memberikan suara di sepanjang garis partai untuk menyetujui dua pasal pemakzulan terhadap Trump, mengirim mereka ke Gedung penuh untuk pemungutan suara final bersejarah yang diharapkan Rabu.

Komite merekomendasikan dakwaan penyalahgunaan kekuasaan dan halangan Kongres ke Dewan penuh.

"Dalam waktu singkat, Dewan Perwakilan Rakyat diharapkan untuk menyetujui Pasal-pasal Pemberlakuan Ketidakpastian terhadap Presiden Donald J. Trump," tulis Schumer. "Menanggapi tindakan DPR, seperti yang telah Anda catat, aturan kami mengharuskan Senat untuk melakukan persidangan untuk mempertimbangkan dan memberikan suara pada Pasal-pasal Pemberlakuan. Ini adalah tanggung jawab yang sangat berat dan serius yang ditugaskan ke Senat oleh Para Pembingkai Konstitusi."

McConnell mengatakan dia akan berkoordinasi dengan Gedung Putih untuk membuat rencana persidangan impeachment.

"Pemimpin McConnell telah menjelaskan bahwa dia berencana untuk bertemu dengan Pemimpin Schumer untuk membahas kontur persidangan segera," Doug Andres, juru bicara McConnell, mengatakan kepada ABC News. "Garis waktu itu belum berubah."

Sumber Berita : https://abcnews.go.com/