Profil Singkat Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya

Share:
Sejarah

Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soetomo adalah sebuah rumah sakit milik pemerintah Indonesia yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

29 Oktober 1938
Peletakan Batu Pertama RS Centraal Burgerlijk Ziekenhuis (CBZ) oleh Pemerintah Belanda di Desa Karangmenjangan.

Peletakan Batu Pertama RS Centraal Burgerlijk Ziekenhuis (CBZ)


Tahun 1943-1945
Pada masa penjajahan Jepang, Rumah Sakit CBZ dirubah menjadi Rumah Sakit Angkatan Darat.

Tahun 1945-1949
Rumah sakit dikuasai kembali oleh Belanda, kemudian nama dirubah menjadi Marine-Hospitaal.

Marine-Hospitaal


Tahun 1950
RSO. Soerabaja dibawah Departemen Kesehatan RI, telah berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) Pusat.

Rumah Sakit Umum (RSU) Pusat


Tahun 1951-1954

RS. Simpang pindah ke RS Karang menjangan. Pelayanan Bedah Akut tetap di RS Simpang.

RS Karang menjangan


Tahun 1964
Berdasarkan SK. Menkes RI. 20 Mei 1964 No. 26769/KAB/76. RSUP Surabaya menjadi RS Dr. Soetomo.

Tahun 1965
Berdasarkan PP No. 4 Tahun 1965, penyelenggara RSUP Dr. Soetomo diserahkan kepada Pemda Tk I. Jawa Timur.

Tahun 1979
SK Menkes menetapkan RSU Daerah Dr. Soetomo sebagai RS Klas A dan dikenal sebagai:
  • Rumah Sakit Pelayanan, Pendidikan dan Penelitian.
  • Rumah Sakit Pusat Rujukan Wilayah Timur Indonesia (Top Referal).
  • Rumah Sakit terbesar di wilayah Indonesia bagian Timur
  • 1980 - Semua kegiatan pelayanan dijadikan satu di RSU Dr. Soetomo karena RS Simpang dijual jadi Plaza Surabaya.
Tahun 2002
Perda Prop. Jatim menetapkan perubahan nama menjadi RS Umum Dr. Soetomo.

Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya


Tahun 2018

RSUD Dr. Soetomo telah terakreditasi JCI sebagai General Academic Hospital pada 1 November 2018


Logo JIC & KARS


Visi

Menjadi rumah sakit tersier yang terpercaya, aman, bermutu tinggi dan mandiri.

Misi
  • Menyelenggarakan pelayanan dan jejaring pelayanan sebagai rumah sakit rujukan tersier yang aman, bermutu tinggi dan terjangkau.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian tenaga kesehatan yang berintegritas tinggi, profesional, inovatif dan melakukan jejaring pendidikan penelitian yang terintegrasi (Academic Health Care), pusat pengembangan bidang kesehatan yang bermutu tinggi serta mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.
  • Mewujudkan kehandalan sarana dan prasarana penunjang pelayanan yang terstandar serta lingkungan kerja yang aman dan nyaman.
  • Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang terintegrasi, efektif efisien dan akuntabel.
Nilai
  • Etika
  • Integritas
  • Profesionalisme
  • Inovatif

Pencapaian 


2007 
ISO 9001:2000 Untuk :
  • Sistem Manajemen Instalasi Gawat Darurat (IGD)
  • Instalasi Graha Amerta
  • Instalasi Rawat Jalan (IRJ)
  • Semua Instalasi Rawat Inap (IRNA)
2008
Berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/438/KPTS/013/2008 Tentang Penetapan RSUD Dr. Soetomo Surabaya sebagai Badan Layanan Umum Daerah.

2009
Terakreditasi pelayanan RS ISO IRJ dan IGD

2010
ISI 9001:2008 untuk :
  • Sistem manajemen Instalasi Graha Amerta
  • IGD
  • IRJ
  • Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT)
  • Semua IRNA
2011
Terakreditasi A sebagai Rumah Sakit Pendidikan

2014
  • Sebagai Rumah Sakit rujukan Nasional
  • Terakreditasi Nasional KARS Paripurna
2017
  • Rumah Sakit Pendidikan Utama Universitas Airlangga
  • Reakreditasi Nasional KARS Paripurna

Kebijakan Strategis
  • Efisiensi seluruh kegiatan operasional, penerapan Lean Management, yang intinya “Eliminated Waste and Respect to People“.
  • Mengembangkan pelayanan BPJS plus, yaitu Poli Eksekutif, pelayanan VVIP, pelayanan non-insurance, stem cell dan bank jaringan, Medical Check-Up, rekonstruksi dan produk biologis lain (Creative financing).
  • Mengembangkan pelatihan dan training. Medical and management training dalam “National Soetomo Training Center“.
  • Perbaikan sistem rekam medik dan Case Mix, sehingga rekam medik dapat sebagai dokumen pelayanan dan klaim yang akurat dan cepat (Financial Engineering).
  • Pengembangan Integrated Practice Unit (IPU), yaitu suatu sistem dimana kebutuhan layanan pasien yang hampir sama di jadikan satu sistem/unit layanan, sehingga lebih terjangkau dan efisien, yang telah kita lakukan saat ini dan akan terus dikembangkan adalah penyakit jantung, ginjal, kanker dan saraf.
  • Terus membenahi sistem remunerasi yang transparan, akuntabel dan rasional, yang akan membawa kemajuan kinerja dan kenyamanan bekerja bagi seluruh pegawai.
 Pelayanan
  •  Pelayanan Rawat Jalan
  • Pelayanan Rawat Inap
  • Instalasi Graha Amerta
  • Pelayanan Medis Lainnya
Penunjang
  • Instalasi Bank Jaringan
  • Instalasi Farmasi
  • Instalasi Gizi
  • Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal
  • Instalasi Laboratorium Central
  • Instalasi Pemeliharaan Sarana Medik
  • Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit dan Hubungan Masyarakat
  • Instalasi Radiodiagnostik
  • Instalasi Radioterapi
  • Instalasi Rehabilitasi Medik
  • Instalasi Sanitasi Lingkungan
  • Instalasi Sterilisasi dan Binatu
  • Instalasi Teknologi Komunikasi dan Informasi
  • Instalasi Transfusi Darah
Diklat
  •  Pendidikan dan Pelatihan
  • Penelitian dan Pengembangan
  • Clinical Research Unit
  • Webinar
Informasi
  • Promosi Kesehatan
  • Permohonan Informasi
  • Pengaduan Layanan Publik
  • Hospital Wide Indicators
  • Ijin Sponsorship
PPID

Rujukan Nasional