Prabowo Temui Luhut Usai Bahas Kapal China di Natuna

Share:


Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertandang ke kantor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (3/1) sore. Prabowo mendatangi kantor Luhut usai membahas persoalan intervensi China di laut Natuna dengan Menko Polhukam Mahfud MD.

Mengenakan baju safari berwarna cokelat, Prabowo hanya melempar senyum kepada awak media ketika sampai di kantor Luhut.

Prabowo enggan berbicara banyak dan hanya menjawab akan melakukan koordinasi dengan Luhut.

"Ini koordinasi, ini koordinasi," kata Prabowo.

Prabowo tak mau menjawab rinci Ketika ditanya lebih lanjut apakah koordinasi yang dimaksud terkait sistem keamanan laut Natuna.

Indonesia telah melayangkan nota protes kepada China terkait kapal ikan memasuki perairan Natuna, Kepulauan Riau. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan telah memanggil Duta Besar China di Jakarta untuk menyampaikan protes tersebut.

"Kemlu telah memanggil Dubes Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Jakarta dan menyampaikan protes keras terhadap kejadian tersebut. Nota diplomatik protes juga telah disampaikan," kata Kemlu dalam rilis di web resmi kemlu.go.id, Senin (30/12).

China diduga melanggar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, termasuk kegiatan IUU fishing, dan pelanggaran kedaulatan oleh coast guard atau penjaga pantai RRT di perairan Natuna.

Indonesia menegaskan tidak akan pernah mengakui 9 dash-line RRT karena penarikan garis tersebut bertentangan dengan UNCLOS sebagaimana diputuskan melalui Ruling Tribunal UNCLOS tahun 2016.

China menolak protes Indonesia yang menuding kapal ikan negara itu sempat memasuki perairan Natuna secara ilegal baru-baru ini.

Berita ini sudah terbit di : CNN Indonesia
Photo : Menhan Prabowo Subianto menjalin koordinasi dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan usai membahas persoalan Natuna dengan Menko Polhukam Mahfud MD. (AP Photo/Vincent Thian)