3 Cara Tottenham Menang atas Liverpool di Liga Inggris

Share:

Tottenham Hotspur memiliki beberapa cara memenangi pertandingan melawan Liverpool di pekan ke-22 Liga Inggris di Stadion Tottenham, Minggu (12/1) dini hari WIB.

Tuan rumah kehilangan sejumlah pilar saat menghadapi laga krusial melawan Liverpool. Harry Kane, Moussa Sissoko, dan kiper Hugo Lloris karena cedera.

Meski demikian, Jose Mourinho dipercaya selalu memiliki jalan keluar dari situasi semacam ini dan mendapatkan poin.

Salah satu yang bisa diandalkan Mourinho adalah bertahan dengan solid. Strategi ini sangat melekat dengan Mourinho yang dikenal memiliki permainan pragmatis.

Berikut cara Tottenham menang atas Liverpool selain dengan memiliki pertahanan solid:

1. Blokir Sisi Sayap

Liverpool terkenal dengan kualitas serangan dari sisi sayap, baik melalui Mohamed Salah maupun Sadio Mane. Pemain pelapis mereka Xherdan Shaqiri juga piawai memainkan peran di sayap.


Ditambah lagi kedua full-back, Andy Robertson dan Trent Alexander-Arnold yang rajin menyerang dan punya umpan silang akurat.

Tottenham perlu mengawasi sektor ini, memblokir kedua sisi sayap. Jangan sampai kedua full-back Liverpool bisa menciptakan peluang dari umpan silang. Begitu juga dengan kedua penyerang sayap mereka yang harus dihambat dan tidak boleh mendekat ke kotak penalti.

Strategi ini bisa diterapkan Mourinho dengan memainkan tiga bek tengah dan menggunakan wingback. Saat ditekan, wingback yang dibantu dua gelandang bertahan jadi lapisan pertama yang menghalau serangan pemain sayap Liverpool.

2. Matikan Transisi Liverpool

Saat masih menganggur, Mourinho pernah menyebut kegagalan Liverpool menang atas Manchester United karena Setan Merah tidak memberikan peluang kepada The Reds melakukan transisi.

Cara itu perlu ditiru Mourinho yang saat ini jadi pelatih Tottenham. Menjaga area sejak dari tengah lapangan dan melakukan man to man marking di dekat arena pertahanan bisa jadi solusi bagi Tottenham mematikan transisi Liverpool.

Karena, begitu mendapatkan kesempatan melakukan transisi dan menyerang balik, Liverpool akan jadi tim yang sangat berbahaya. Mereka punya banyak pemain dengan kualitas operan yang bagus, dribel mumpuni, dan penyelesaian akhir yang apik.

3. Serangan Balik Cepat

Serangan balik cepat Tottenham bisa mengaburkan konsentrasi Liverpool yang akan fokus untuk menekan tuan rumah dan menciptakan gol.

Untuk menjalankan strategi serangan balik ini, Mourinho bisa menempatkan Son Heung Min dan Lucas Moura sebagai dua pemain di lini depan. Pemain ini hanya perlu bersiap saat lini belakang atau gelandang melepaskan umpan jauh usai sukses merebut bola dari Liverpool. 

Berita ini telah tayang di CNNIndonesia.com
Judul :  3 Cara Tottenham Menang atas Liverpool di Liga Inggris 
Photo : Tottenham perlu mematikan serangan sektor sayap Liverpool. (AP Photo/Jon Super)

Forexmart