Noordin M Top Diuntungkan dengan Citra Buruk

Share:
JAKARTA - Kesan yang selama ini digemborkan di tengah masyarakat bahwa Noordin M Top sosok teroris yang kejam dan berpenampilan garang, dinilai justru menguntungkan Noordin dalam melakukan penyamaran di tengah masyarakat.

"Noordin itu orangnya mudah bergaul di masyarakat dan ramah. Jadi jika orang mengetahui sosok Noordin menyeramkan, itu salah dan justru menguntungkan dia dalam menyamar di masyarakat," kata Abu Rusydan, tokoh Jamaah Islamiyah saat dihubungi okezone, Sabtu (1/8/2009).

Sebagai orang yang berusaha lepas dari pantauan aparat, Noordin pasti mengetahui kedekatan dengan masyarakat merupakan senjata untuk mengaburkan identitasnya sebagai buronan nomor wahid. Sehingga dia dapat diterima di mana pun berada.

Hal ini dapat dilihat saat dia berada bersama dengan Nur Sahid dan Maruto, Semarang. Tak ada tetangga bahkan kerabat yang mencurigai aktivitas Noordin. Bahkan istrinya, Arina Rahma, tidak menyadari bahwa sebenarnya dia menikah dengan buronan polisi itu. Noordin menyamar dengan menggunakan nama Abdul Halim.