Mahfud: Kasus Korupsi di Asabri Pernah Terjadi di 1999

Share:

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut kasus dugaan korupsi di PT Asabri (Persero) bukanlah sesuatu yang baru. Demikian dikatakan Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020), seperti dilansir detik.com.

"Terjadi kasus korupsi di situ tahun 1999 dan waktu itu zaman saya jadi menteri (menteri pertahanan) tahun 2001 belum selesai. Lalu kasus itu diadili dan sudah memakan korban. Sudah ada terpidananya juga swasta dan ABRI aktif, TNI aktif waktu itu," ujarnya.

Pihak yang dimaksud, yaitu mantan dirut Asabri Mayor Jenderal TNI (Purn) Subarda Midjaja. Subarda dihukum 4 tahun penjara dan denda Rp 30 juta subsider 6 bulan kurungan. Subarda juga dihukum membayar uang pengganti kurang lebih Rp 33 miliar.

Di kasus itu, Subarda tidak sendirian. Ia menggocek uang yang dibobol ke pengusaha Henry Leo. Akhirnya Henry dihukum 6 tahun penjara.

"Sekarang kalau terjadi lagi, sesudah negara mengeluarkan uang untuk prajurit dan tentara itu, terjadi lagi," ujar Mahfud.

Lebih lanjut, Ia meyakini kasus yang diduga merugikan keuangan negara lebih dari Rp 10 triliun itu akan menjadi perhatian Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

"Memang secara proposional harus begitu. Nanti kita akan secepatnyalah," ujar Mahfud.


Sebelumnya, Mahfud mengaku mendengar ada isu korupsi di Asabri. Pernyataan itu disampaikan di kantornya, Jumat (10/1/2020).

"Mungkin itu tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp 10 triliun itu," kata Mahfud.

"Asabri itu punya orang kecil. Itu punya prajurit. Polisi, tentara yang pensiun-pensiun yang pangkatnya kecil. Itu kan banyak yang nggak punya rumah, nggak bisa keluar. Karena itu milik negara, Asabri itu yayasan milik negara, dan jumlahnya besar, dalam waktu tidak lama saya akan mengundang Bu Sri Mulyani sebagai penyedia dana dari negara dan Pak Erick Thohir sebagai Menteri BUMN karena itu masuk BUMN Asabri itu."

Berita ini telah tayang di CNNIndonesia.com
Judul :  Mahfud: Kasus Korupsi di Asabri Pernah Terjadi di 1999
Photo : Foto: Menko Polhukam Mahfud MD (Grandyos Zafna/detikcom)

Forexmart