Media Diminta Tak Dramatisir Tragedi Bom Kuningan

Share:
JAKARTA - Pemberitaan media massa yang mengharu biru terkait bom di JW Marriott dan Ritz Carlton, Jakarta, menuai kritik dari Menbudpar Jero Wacik.

Secara khusus dia meminta agar media tidak terlalu mendamatisir musibah ini. Sehingga muncul kesan seolah-olah seluruh wilayah Indonesia dalam kondisi mencekam.

"Pemberitaannya jangan diulang-ulang terus menerus sehingga kesannya gak selesai-selesai. Pemberitaan tentang kesedihan juga jangan dieksploitasi. Media harus profesional," ujar Jero Wacik di Jakarta Media Center Belagio Mall, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan Sabtu (18/7/2009) malam.

Permintaan Jero Wacik menyeruak lantaran ada laporan yang menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia pasca ledakan di Jakarta menurun drastis. Lebih dari satu juta wisatawan batal datang ke Indonesia atau memutuskan mengakhiri masa liburannya lebih cepat.

Dalam kaitan ini, Jero Wacik meminta agar media melokalisir persoalan dan menjelaskan kepada dunia bahwa yang terjadi bukan di seluruh Indonesia, tapi hanya di Jakarta. "Hanya di JW Marriot dan Ritz Carlton, bukan di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.